Header Ads

test

Kisi-kisi Uas Alquran Hadits kls 9 MTs



KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Jenis Sekolah         : Madrasah Tsanawiyah                                                                                                    Alokasi Waktu            : 90 menit
Mata Pelajaran      : Qur’an Hadis                                                                                                                              Jumlah soal                  : 45
Kurikulum             : KTSP                                                                                                                              Penulis                         : Ali Akhsan, S.PdI
Bahan Kelas/Smt  : 9  /  1

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
BNTUK SOAL
NO SOAL
1
1.      Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan
1.1     Menerapkan hukum mad silah dalam QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah
Hukum bacaan mad silah


Menunjukkan pengertian mad silah
PG
1
PG
2
Menunjukkan contoh bacaan mad silah qasirah
PG
3
Disajikan potongan  ayat, siswa dapat mengidentifikasi  bacaan mad silah thowilah
PG
4
Menunjukkan panjang bacaan mad silah
PG
5
Menyebutkan syarat bacaan mad silah Qasirah
Essay
41

1.2     Menerapkan hokum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mustaqol kilmi dan mad farqi dalam Al Qur’an
Hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi dan madlazim musaqqal kilmi
Menunjukkan arti mad lazim mukhoffaf kilmi secara bahasa
PG
6
Menunjukkan panjang bacaan mad lazim musaqqal kilmi
PG
7
Menunjukkan arti bacaan  mad lazim musaqqal kilmi secara bahasa
PG
8
Di sajikan potongan  ayat, siswa dapat mengidentifikasi  bacaan  mad lazim musaqqal kilmi
PG
9
Menunjukkan contoh hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi
PG
10
Menunjukkan pengertian mad lazim musaqqal kilmi secara istilah
PG
11
Hukum bacaan mad farqi
Menunjukkan pengertian mad farqi
PG
12
PG
13
Menujukkan fungsi mad farqi
PG
14
Menunjukkan Panjang bacaan mad farqi
PG
15
Menunjukkan contoh bacaan mad farqi
PG
16
2
2.      Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam
2.1     Memahami isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam

Hukum  alam
Menyebutkan fenomena alam yang terungkap dalam Qs. Al Qari’ah dan Az-zalzalah
essay
42
Menunjukkan contoh fenomena  alam
PG
17
Terjemahan Surat Al Qari’ah dan Az-Zalzalah
Disajikan arti dari salah satu ayat Q.S. Al Qari’ah siswa dapat menunjukkan ayat yang sesuai dengan arti tersebut.
PG
18
Disajikan arti dari salah satu ayat Q.S. Az Zalzalah siswa dapat menunjukkan ayat yang sesuai dengan arti tersebut.
PG
19
Menunjukkan terjemahan ayat    Q.S. Az Zalzalah Ayat  3
PG
20
Menunjukkan terjemahan ayat    Q.S. Al Qari’ah Ayat  4
PG
21
Penjelasan  Surat Al Qari’ah dan Az-Zalzalah
Menujukkan balasan orang yang sesuai dengan Q.S. Al Qari’ah ayat 8 dan ayat 9
PG
22
Mengidentifikasi ayat Q.S Al Qari’ah yang menjelaskan tentang gambaran kedahsyatan terjadinya hari kiyamat
PG
23
Menunjukkan penjelasan  Q.S Az Zalzalah ayat  7
PG
24
2.2  Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah  tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan 
Keterkaitan isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah  tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan
Menjelaskan keterkaitan isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah
Essay
43
2.3  Menerapkan kandungan al-Qaari’ah, al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya

Menerapkan kandungan al-Qaari’ah, al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan
Menunjukkan penerapan kandungan Q.S al-Qaari’ah, dan Q.S. al-Zalzalah dalam kehidupan sehari-hari
PG
25
Disajikan sebuah kasus nyata tentang fenomena alam, peserta didik dapat menunjukkan ayat yang sesuai dengan fenomena tersebut
PG
26
Penjelasan Qs. Al Baqarah ayat 29
Menunjukkan penjelasan Qs. Al Baqarah ayat 29
PG
27
3
3.   Memahami hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

3.1    Menulis hadis tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam

Hadits tentang menjaga dan melestarikan alam
Disajikan potongan hadits, tentang melestarikan alam siswa dapat melanjutkan
PG
28
Disajikan matan hadis riwayat ahmad tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam secara acak, peserta didik dapat menyusunnya
PG
29
Disajikan matan hadis riwayat ibnu majah tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam secara acak, peserta didik dapat menyusunnya
PG
30
3.2.Menerjemahkan makna hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

Terjemahan hadits tentang melestarikan alam
Disajikan penggalan hadits riwayat al bazar siswa dapat menerjemahkannya
PG
31
PG
32
Disajikan penggalan hadis riwayat Ahmad tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam, peserta didik dapat menerjemahkannya
PG
33
PG
34
Disajikan penggalan hadis riwayat at-tirmidzi tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam, peserta didik dapat menerjemahkannya
PG
35
3.4.  Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
Penjelasan hadits tentang melestarikan alam
Menunjukkan penjelasan hadits tentang melestarikan alam
PG
36
Penerapan Hadits tentang menjaga dan melestarikan alam dalam kehidupan sehari-hari
Menyebutkan sontoh sikap peduli dengan alam
Essay
44
Menjelaskan pengertian mengebiri binatang
Essay
45
Menunjukkan tujuan melestarikan alam
PG
37
Menunjukkan makna  hadits tentang melestarikan alam
PG
38
Menunjukkan dampak negativ dari mengebiri binatang
PG
39
Menunjukkan cara memeliharan binatang yang baik
PG
40

Tidak ada komentar