NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
BNTUK SOAL
|
NO SOAL
|
1
|
1. Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan
|
1.1 Menerapkan hukum mad silah dalam QS al-Qaari’ah
dan al-Zalzalah
|
Hukum bacaan mad silah
|
Menunjukkan
pengertian mad silah
|
PG
|
1
|
PG
|
2
|
Menunjukkan contoh bacaan mad silah qasirah
|
PG
|
3
|
Disajikan potongan ayat,
siswa dapat mengidentifikasi bacaan
mad silah thowilah
|
PG
|
4
|
Menunjukkan panjang bacaan mad silah
|
PG
|
5
|
Menyebutkan syarat bacaan mad silah Qasirah
|
Essay
|
41
|
1.2 Menerapkan hokum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mustaqol
kilmi dan mad farqi dalam Al Qur’an
|
Hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi dan madlazim musaqqal
kilmi
|
Menunjukkan
arti mad lazim mukhoffaf kilmi secara bahasa
|
PG
|
6
|
Menunjukkan
panjang bacaan mad lazim musaqqal kilmi
|
PG
|
7
|
Menunjukkan
arti bacaan mad lazim musaqqal kilmi
secara bahasa
|
PG
|
8
|
Di sajikan
potongan ayat, siswa dapat
mengidentifikasi bacaan mad lazim musaqqal kilmi
|
PG
|
9
|
Menunjukkan
contoh hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi
|
PG
|
10
|
Menunjukkan pengertian mad lazim musaqqal kilmi secara istilah
|
PG
|
11
|
Hukum bacaan mad farqi
|
Menunjukkan
pengertian mad farqi
|
PG
|
12
|
PG
|
13
|
Menujukkan fungsi mad farqi
|
PG
|
14
|
Menunjukkan
Panjang bacaan mad farqi
|
PG
|
15
|
Menunjukkan
contoh bacaan mad farqi
|
PG
|
16
|
2
|
2. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek
pilihan tentang hukum fenomena alam
|
2.1
Memahami isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah
tentang hukum fenomena alam
|
Hukum alam
|
Menyebutkan fenomena alam yang terungkap dalam Qs. Al Qari’ah
dan Az-zalzalah
|
essay
|
42
|
Menunjukkan contoh
fenomena alam
|
PG
|
17
|
Terjemahan Surat Al Qari’ah dan Az-Zalzalah
|
Disajikan arti dari salah satu ayat Q.S. Al Qari’ah siswa dapat
menunjukkan ayat yang sesuai dengan arti tersebut.
|
PG
|
18
|
Disajikan arti dari salah satu ayat Q.S. Az Zalzalah siswa dapat
menunjukkan ayat yang sesuai dengan arti tersebut.
|
PG
|
19
|
Menunjukkan terjemahan ayat Q.S. Az Zalzalah Ayat 3
|
PG
|
20
|
Menunjukkan terjemahan ayat Q.S. Al Qari’ah Ayat 4
|
PG
|
21
|
Penjelasan Surat Al
Qari’ah dan Az-Zalzalah
|
Menujukkan balasan orang yang sesuai dengan Q.S. Al Qari’ah ayat
8 dan ayat 9
|
PG
|
22
|
Mengidentifikasi ayat Q.S Al Qari’ah yang menjelaskan
tentang gambaran kedahsyatan terjadinya hari kiyamat
|
PG
|
23
|
Menunjukkan
penjelasan Q.S Az Zalzalah ayat 7
|
PG
|
24
|
2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Qaari’ah
dan al-Zalzalah tentang hukum
fenomena alam dalam kehidupan
|
Keterkaitan isi kandungan QS al-Qaari’ah
dan al-Zalzalah tentang hukum
fenomena alam dalam kehidupan
|
Menjelaskan keterkaitan isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah
|
Essay
|
43
|
2.3 Menerapkan kandungan al-Qaari’ah, al-Zalzalah
dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
|
Menerapkan kandungan al-Qaari’ah, al-Zalzalah
dalam fenomena kehidupan
|
Menunjukkan penerapan kandungan Q.S al-Qaari’ah,
dan Q.S. al-Zalzalah dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
25
|
Disajikan
sebuah kasus nyata tentang fenomena alam, peserta didik dapat menunjukkan ayat
yang sesuai dengan fenomena tersebut
|
PG
|
26
|
Penjelasan Qs. Al Baqarah ayat 29
|
Menunjukkan
penjelasan Qs. Al Baqarah ayat 29
|
PG
|
27
|
3
|
3. Memahami hadis tentang menjaga dan
melestarikan lingkungan alam
|
3.1 Menulis hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
|
Hadits tentang menjaga dan melestarikan alam
|
Disajikan potongan hadits, tentang melestarikan alam siswa dapat
melanjutkan
|
PG
|
28
|
Disajikan matan hadis riwayat ahmad tentang menjaga dan melestarikan
lingkungan alam secara acak, peserta didik dapat menyusunnya
|
PG
|
29
|
Disajikan matan hadis riwayat ibnu majah tentang
menjaga dan melestarikan lingkungan alam secara
acak, peserta didik dapat menyusunnya
|
PG
|
30
|
3.2.Menerjemahkan makna hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan
alam
|
Terjemahan hadits tentang melestarikan alam
|
Disajikan penggalan hadits riwayat al bazar siswa dapat
menerjemahkannya
|
PG
|
31
|
PG
|
32
|
Disajikan
penggalan hadis riwayat Ahmad
tentang menjaga dan melestarikan
lingkungan alam, peserta didik dapat menerjemahkannya
|
PG
|
33
|
PG
|
34
|
Disajikan penggalan hadis riwayat at-tirmidzi tentang
menjaga dan melestarikan lingkungan alam, peserta
didik dapat menerjemahkannya
|
PG
|
35
|
3.4. Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam
perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam fenomena kehidupan
dan akibatnya
|
Penjelasan hadits tentang melestarikan alam
|
Menunjukkan
penjelasan hadits tentang melestarikan alam
|
PG
|
36
|
Penerapan Hadits tentang menjaga dan melestarikan alam dalam
kehidupan sehari-hari
|
Menyebutkan sontoh sikap peduli dengan alam
|
Essay
|
44
|
Menjelaskan pengertian mengebiri binatang
|
Essay
|
45
|
Menunjukkan
tujuan melestarikan alam
|
PG
|
37
|
Menunjukkan
makna hadits tentang melestarikan
alam
|
PG
|
38
|
Menunjukkan
dampak negativ dari mengebiri binatang
|
PG
|
39
|
Menunjukkan
cara memeliharan binatang yang baik
|
PG
|
40
|
Post a Comment