KISI-KISI SOAL ULANGAN SEMESTER GANJIL KELAS 8
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran :
2014/2015
NO
|
ASPEK
KEBAHASAAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
Membaca
|
3.3
Menyimpulkan isi teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Membaca
Cepat
|
Disajikan
sebuah teks bacaan, siswa dapat
-
Menentukan pertanyaan yang yang
jawabannya terdapat dalam bacaan.
-
menentukan gagasan utama bacaan
-
menyimpulkan isi bacaan
-
melengkapi bacaan dengan kata depan
-
menentukan kecepatan membaca
|
Pilihan Ganda
|
12,17,26,33,40
|
2
|
Membaca
|
3.1
menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon
dengan membaca memindai
|
Menemukan
informasi di dalam ensiklopedi/buku telepon
|
Disajikan
kutipan informasi dari buku telepon, siswa dapat
-
mengurutkan secara alfabetis.
|
Pilihan ganda
|
10
|
3
|
Mendengarkan
|
1.1
menganalisis laporan
|
Laporan
Perjalanan
|
Disajikan
sebuah kutipan laporan, siswa dapat
menentukan
-
Judul yang sesuai
-
Isi laporan
-
Menentukan pertanyaan yang sesuai dengan laporan
|
Pilihan ganda
|
1,,11,15,36
|
4
|
Berbicara
|
2.2
Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
Penyampaian
Laporan Perjalanan
|
Disajikan
sebuah ilustrasi, siswa dapat
menentukan laporan perjalanan yang sesuai dengan topik
|
Pilihan ganda
|
6,7,8
|
5
|
Membaca
|
3.2
Mendeskripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan
yang tertera dalam denah
|
Pendeskripsian
tempat dan arah berdasarkan denah
|
Disajikan
gambar denah lokasi, siswa dapat:
-
mendeskripsikan rute jalan
sesuai dengan denah
-
menentukan pernyataan yang
sesuai dengan denah
-
Menentukan rute tercepat menuju
lokasi
|
Pilihan ganda dan
essai
|
27,43
|
6
|
Berbicara
|
2.1
berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan
etika berwawancara
|
Cara
Berwawancara
|
Disajikan
sebuah teks wawancara, siswa dapat
-
menyimpulkan isi wawancara
-
menentukan kalimat pertanyaan
yang sesuai dengan tema wawancara
-
menentukan langkah-langkah
melakukan wawancara
|
Pilihan ganda dan
essai
|
3,4,5,14,42
|
7
|
Menulis
|
4.2
Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang
tepat dan bahasa
baku
|
Surat
Dinas
|
Disajikan
sebuah surat dinas, siswa dapat menentukan :
-
penamaan bagian surat
-
hal surat
-
Perbaikan kesalahan penulisan
-
Kalimat penutup
-
Isi surat
-
Penulisan alamat surat
-
Menentukan macam-macam kata ulang
-
Menentukan kata kajian
|
Pilihan ganda dan
essai
|
13,30,34,35,41
|
8
|
Menulis
|
4.3.Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan
yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
Penulisan bahasa petunjuk
|
Disajikan
petunjuk siswa dapat:
-mengurutkan petunjuk yang
sesuai
-melengkapi petunjuk yang
rumpang
|
Pilihan ganda
|
9,25,,31
|
9
|
Mendengarkan
(Sastra)
|
5.1
Menanggapi unsur pementasan naskah drama
|
Cara
menanggapi unsur-unsur pementasan naskah drama
|
Disajikan naskah drama siswa
dapat:
-menentukan unsur-unsur
pementasan
|
essai
|
45
|
10
|
Membaca
(Satra)
|
7.1
Mengidentifikasi unsur intrinsik naskah drama
|
Pengidentifikasian
unsur intrinsik
|
Disajikan
sebuah naskah drama, siswa dapat
menentukan:
-
Watak tokoh
-
Latar
|
Pilihan ganda
|
28,29,37,38
|
11
|
Menulis
(sastra)
|
8.2
Menulis kreatif naskah drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah
drama
|
Menulis
naskah drama sesuai drama sesuai kaidah penulisan
|
Siswa
dapat menentukan kaidah penulisan petunjuk gerak pelaku
-melengkapi naskah drama
-menentukan watak
-menyebutkan istilah drama
|
Pilihan ganda
|
32,39,44
|
12
|
Membaca
(sastra)
|
7.2
Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Pembuatan
sinopsis novel
|
Disajikan
kutipan novel remaja, siswa dapat menentukan:
-
Latar cerita
-
Jenis konflikt mengurutkannya.
-
Menyimpulkan isi novel
-
Menentukan amanat novel
|
Pilihan ganda
|
18,19,20,21,22,23,24
|
Post a Comment